PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PENGGUNA JASA PENERBANGAN MASKAPAI CITILINK DI YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT KULON PROGO

ANDJANI RAMADHINI, SYELIN (2021) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PENGGUNA JASA PENERBANGAN MASKAPAI CITILINK DI YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT KULON PROGO. Skripsi thesis, STTKD Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.

[img] Text (INTISARI)
ABSTRAK SKRIPSI - Syelin Andjani Ramadhini_1.pdf

Download (100kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I SKRIPSI - Syelin Andjani Ramadhini_2.pdf

Download (263kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II SKRIPSI - Syelin Andjani Ramadhini_3.pdf

Download (720kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III SKRIPSI - Syelin Andjani Ramadhini_4.pdf

Download (469kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI - Syelin Andjani Ramadhini_5.pdf

Download (469kB)
Official URL: https://sttkd.ac.id

Abstract | Intisari

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PENGGUNA JASA PENERBANGAN MASKAPAI CITILINK DI YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT KULON PROGO Prodi D-IV Manajemen Transportasi Udara, Jenjang Sarjana, Program Diploma IV, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta Pembimbing : Adipura Danang Maulana, S.AB., M.M Penulis Syelin Andjani Ramadhini INTISARI Perusahaan penerbangan dituntut untuk dapat terus berkembang dan harus terus memperhatikan kualitas pelayanan yang mereka berikan kepada pelanggannya agar menciptakan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan penerbangan. Maskapai citilink merupakan salah satu maskapai penerbangan bertarif low cost carrier yang memiliki strategi dalam meningkatkan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dengan menerapkan analisis 4P yaitu Product, Promotion, Price, Place. Salah satu strategi yang ditawarkan maskapai citilink dengan menekankan biaya yang dikeluarkan, memberikan potongan harga kepada penumpang, melakukan penjualan tiket yang murah dengan memperhatikan mutu pelayanan yang diberikan salah satunya ketepatan waktu penerbangan, menyediakan fasilitas yang aman dan nyaman, serta memiliki karyawan yang profesional agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi penumpangnya dalam tahap pre flight (sebelum penerbangan), in flight (selama penerbangan), post flight (setelah penerbangan). Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pengguna jasa penerbangan maskapai citilink di Yogyakarta International Airport Kulon Progo. Penelitian ini dilakukan di Yogyakarta International Airport Kulon Progo dengan melibatkan 100 responden. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang diawali dengan pengumpulan data primer berupa kuesioner yang berisi 20 pertanyaan kemudian dibagikan kepada penumpang maskapai citilink, sedangkan data sekunder diperoleh dari jurnal atau web yang berkaitan dengan variabel dalam penelitian ini, kemudian data yang diperoleh akan diuji menggunakan SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil uji hipotesis didapat sebesar 7,642 > 1,987 yang berarti Ho ditolak, artinya ada pengaruh signifikan antara variabel kualitas pelayanan (X) terhadap variabel loyalitas pelanggan (Y). Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan, dan Maskapai Citilink

Tipe Koleksi: Thesis (Skripsi)
Subjek: Aviation Service > Passenger Services
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorDanang Maulana, Adipura0529118801UNSPECIFIED
Program Studi: D4 Manajemen Transportasi Udara
Diposting Oleh: Salma Salma
Tanggal Diposting: 19 Oct 2021 02:24
Terakhir diubah: 18 Jan 2022 01:31
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1756

Actions (login required)

View Item View Item