INOVASI PELAYANAN SEBAGAI STRATEGI KOMPETITIF DARI BANDAR UDARA DALAM MENGHADAPI PERTUMBUHAN WISATAWAN DI PULAU KARIMUNJAWA

Tejoprabowo, Muhammad Iqbal (2021) INOVASI PELAYANAN SEBAGAI STRATEGI KOMPETITIF DARI BANDAR UDARA DALAM MENGHADAPI PERTUMBUHAN WISATAWAN DI PULAU KARIMUNJAWA. Skripsi thesis, STTKD Sekolah Tinggi Teknologi Kerdigantaraan Yogyakarta.

[img] Text (INTISARI)
SKRIPSI - MUHAMMAD IQBAL TEJOPRABOWO_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text (BAB I)
SKRIPSI - MUHAMMAD IQBAL TEJOPRABOWO_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text (BAB II)
SKRIPSI - MUHAMMAD IQBAL TEJOPRABOWO_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB)
[img] Text (BAB III)
SKRIPSI - MUHAMMAD IQBAL TEJOPRABOWO_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
SKRIPSI - MUHAMMAD IQBAL TEJOPRABOWO_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
Official URL: https://sttkd.ac.id

Abstract | Intisari

Studi ini merupakan studi kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis peran aktif dari bandar udara, khususnya dalam hal inovasi pelayanan sebagai strategi kompetitif dalam menghadapi, meningkatkan dan menyukseskan pertumbuhan wisatawan di Pulau Karimunjawa dengan melihat indikator inovasi pelayanan yakni Penggunaan Teknologi, Interaksi Dengan Pelanggan, Pengembangan Layanan Baru serta Sistem Pengiriman Layanan. Studi ini dilakukan di Bandar Udara Dewadaru, Kepulauan Karimunjawa dengan melibatkan 1 (satu) narasumber utama yakni Kepala Bandar Udara Dewadaru Karimunjawa dan 6 (enam) orang narasumber pendukung yakni wisatawan yang menggunakan jasa Bandar Udara Dewadaru Karimunjawa. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara semi struktur, observasi, dan studi dokumen berupa jurnal penelitian yang relevan, artikel di website resmi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang bertemakan topik “Kembangkan Wisata Karimunjawa, Pemerintah Siapkan Infrastruktur Pendukung”, serta Master Plan Unit Penyelenggara Bandar Udara Dewadaru Karimunjawa tahun 2017. Analisis data bersifat deskriptif. Uji keabsahan data meliputi Credibility, Transferability, Dependability, dan Confirmability. Hasil studi menunjukkan bahwa melalui inovasi pelayanan yang dilakukan dengan cara penciptaan layanan baru baik berupa proses atau prosedur layanan yang disesuaikan dengan peraturan pemerintah yang sudah ada serta meningkatkan nilai tambah bagi jasa yang diberikan dengan melihat indikator inovasi pelayanan dinilai sangat efektif dan efisien dalam merealisasikan strategi kompetitif Bandar Udara Dewadaru dalam menghadapi pertumbuhan wisatawan di Pulau Karimunjawa. Kata Kunci: inovasi, indikator inovasi pelayanan, pertumbuhan wisatawan

Tipe Koleksi: Thesis (Skripsi)
Subjek: Flight and Airport Management > Marketing
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorSyahputra, Andi0511039202UNSPECIFIED
Program Studi: D4 Manajemen Transportasi Udara
Diposting Oleh: Amelya Amelya
Tanggal Diposting: 19 Oct 2021 07:04
Terakhir diubah: 19 Jan 2022 07:07
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1788

Actions (login required)

View Item View Item