OPTIMALISASI FASILITAS RUANG TUNGGU GUNA MENUNJANG KENYAMANAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL LOMBOK

PRAGASTA, NENI JUNIARTI (2021) OPTIMALISASI FASILITAS RUANG TUNGGU GUNA MENUNJANG KENYAMANAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL LOMBOK. Skripsi thesis, STTKD Sekolah Tinggi Teknologi Kerdigantaraan Yogyakarta.

[img] Text (INTISARI)
SKRIPSI - NENI JUNIARTI PRAGASTA_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text (BAB I)
SKRIPSI - NENI JUNIARTI PRAGASTA_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text (BAB II)
SKRIPSI - NENI JUNIARTI PRAGASTA_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text (BAB III)
SKRIPSI - NENI JUNIARTI PRAGASTA_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
SKRIPSI - NENI JUNIARTI PRAGASTA_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
Official URL: https://sttkd.ac.id

Abstract | Intisari

OPTIMALISASI FASILITAS RUANG TUNGGU GUNA MENUNJANG KENYAMANAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL LOMBOK INTISARI Ruang tunggu bandar udara merupakan sebuah ruangan yang digunakan untuk menunggu ketika penumpang hendak menaiki pesawat terbang. Penggunaan ruang tunggu di Bandar Udara Internasional Lombok dengan ketersediaan area yang ada, masih sering terjadi penumpukan jumlah penumpang yang cukup padat sehingga kenyamanan penumpang terganggu akibat terbatasnya fasilitas ruang tunggu penumpang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana optimalisasi fasilitas ruang tunggu untuk kenyamanan penumpang di Bandar Udara Internasional Lombok. Penelitian ini dilakukan di Bandar Udara Internasional Lombok. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif, dengan menggunakan data primer, data berupa hasil observasi dan wawancara bersama anggota Airport Operation Landside & terminal Section. Pengambilan data yang diambil yaitu data jumlah penumpang dari bulan Juni sampai dengan bulan Agustus tahun 2020, ketika kondisi penerapan New Normal diberlakukan. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu mereduksi data, mendeskripsikan informasi dan menyimpulkan data. Hasil penelitian ini adapun beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan fasilitas ruang tunggu di Bandar Udara Internasional Lombok yaitu Bandar Udara Internasional Lombok membuat program perluasan area terminal bandara seiring meningkatnya jumlah penumpang dari tahun ke tahun. Pengajuan untuk penyediaan sistem CUCS (Common Use Check-in System) untuk mempermudah operasional demi mengoptimalkan penggunaan gate dan mengetahui reservasi sehari sebelum keberangkatan agar petugas operasional dapat mempersiapakan dan melakukan analisa perkiraan kapan akan terjadi peak hour dan dapat langsung mengalokasikan setiap penerbangan itu ke gate-gate yang tersedia dengan optimal. Kata Kunci: Fasilitas Kenyamanan Bandar Udara

Tipe Koleksi: Thesis (Skripsi)
Subjek: Aviation Service > Passenger Services
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorAwan, Awan0528058803UNSPECIFIED
Program Studi: D4 Manajemen Transportasi Udara
Diposting Oleh: Amelya Amelya
Tanggal Diposting: 21 Oct 2021 01:07
Terakhir diubah: 21 Oct 2021 01:07
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1811

Actions (login required)

View Item View Item