PENERAPAN CUSTOMER SERVICE ONLINE (CSO) PADA MASA PANDEMI DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL JENDERAL AHMAD YANI

Budiani Dermawati, Amalia (2021) PENERAPAN CUSTOMER SERVICE ONLINE (CSO) PADA MASA PANDEMI DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL JENDERAL AHMAD YANI. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text
INTISARI - AMALIA BUDIANI DERMAWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
BAB I - AMALIA BUDIANI DERMAWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text
BAB II - AMALIA BUDIANI DERMAWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text
BAB III - AMALIA BUDIANI DERMAWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - AMALIA BUDIANI DERMAWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
Official URL: http://sttkd.ac.id/

Abstract | Intisari

Sebagai upaya preventif dalam hal pencegahan penyebaran virus Covid-19, Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang menerapkan layanan customer service secara online. Bagi para penumpang yang ingin bertanya, menyampaikan saran ataupun keluhan, saat ini tidak lagi harus bertatapan muka secara langsung dengan petugas. Namun demikian penerapan sistem baru ini bukan berarti tanpa kendala. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Custumer Service Online yang dilakukan oleh Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang dan untuk mengetahui hambatan dalam upaya penerapan strategi Customer Service Online tersebut Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan data primer yang diperoleh dari observasi dan wawancara serta data sekunder yang diperoleh dari dokumentasi dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa penanganan dan pelayanan informasi kepada penumpang sudah dilakukan sesuai prosedur yang berlaku. Penanganan dan pelayanan informasi secara online ini tidak jauh berbeda pada saat sebelum adanya pandemi. Pada sistem pelayanan ini petugas dilengkapi dengan APD yang lengkap seperti rompi, masker, face shield, dan HT (Hand Talkie) adapun hambatan yang dihadapi antara lain masih ada banyak penumpang yang belum mengerti bagaimana cara penggunaan CS Online dengan banyaknnya jumlah penumpang menyebabkan petugas Customer Service sedikit mengalami kewalahan, dan masih ada penumpang yang tidak disiplin berebut untuk ingin didahulukan yang menyebabkan antrian menjadi panjang dan tidak tertip. Kata kunci : Penerapan Customer Service Online (CSO), Customer Service

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Airport Service > Customer Service
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorNawang Ginusti, Gallis0507039101UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 13 Jan 2022 07:31
Terakhir diubah: 13 Jan 2022 07:31
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/2118

Actions (login required)

View Item View Item