ANALISIS SWOT SEBAGAI PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN BERDAYA SAING DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL KERTAJATI JAWA BARAT

NOVIANTY Z, REZTY FAUZIAH (2019) ANALISIS SWOT SEBAGAI PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN BERDAYA SAING DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL KERTAJATI JAWA BARAT. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
Official URL: http://digilib.sttkd.ac.id

Abstract | Intisari

Bandar Udara Internasional Kertajati terletak di Jawa Barat merupakan bandar udara yang didirikan sebagai pengembangan dari bandar udara Husein Sastranegara yang berada di wilayah yang sama. Bandar udara ini dikelola oleh 2 instansi besar yakni BUMD PT. Bandar Udara internasional Jawa Barat (BIJB) dan BUMN yaitu PT Angkasa Pura 2. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat dan berdaya saing pada Bandar Udara Internasional Kertajati sebagai bandar udara baru menggunakan analisis SWOT. Penelitian ini dilaksanakan di Bandar Udara Internasional Kertajati Majalengka Jawa Barat pada tanggal 10 Februari sampai dengan 10 Maret 2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian menggunakan data sekunder yakni sumber tertulis mengenai bandar udara Kertajati dan data primer yaitu dengan cara melakukan wawancara terhadap unit marketing beserta penumpang. Hasil pembahasan dari skripsi ini menunjukkan bahwa hasil penilaian analisis SWOT menyebutkan faktor eksternal lebih kuat dibandingkan faktor internal, dimana faktor eksternal mendapatkan nilai akhir 6,67 dan faktor internal mendapatkan nilai akhir 6,03. Hasil dari faktor internal, kekuatan tertinggi dipengaruhi oleh dukungan pemerintah dengan rating 0,1 dan untuk kelemahan rating terendah yang paling mempengaruhi adalah rute penerbangan yang masih sedikit yaitu dengan rating 0,12. Faktor eksternal sendiri rating tertinggi adalah 0,15 yaitu faktor pangsa pasar yang masih terhitung baik dan untuk ancaman rating terendah 0,15 adalah faktor harga tiket yang relatif mahal.

Tipe Koleksi: Thesis (Skripsi)
Subjek: Flight and Airport Management > Marketing
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDPinem, Yune Andryane0522068002UNSPECIFIED
Program Studi: D4 Manajemen Transportasi Udara
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 07 Jul 2020 01:59
Terakhir diubah: 18 Jan 2022 01:15
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/39

Actions (login required)

View Item View Item