Susila, Farida Okta (2019) OPTIMALISASI PENGGUNAAN AVIOBRIDGE UNTUK MENCAPAI ON TIME PERFORMANCE (OTP) GARUDA INDONESIA DI TERMINAL 2 BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.
![]() |
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
![]() |
Text (BAB I)
bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
![]() |
Text (BAB II)
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (776kB) |
![]() |
Text
bab 3.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
Abstract | Intisari
Setiap bandar udara wajib memberikan pelayanan yang terbaik dari produk yang mereka miliki, terutama dalam hal ketepatan waktu. On Time Performance (OTP) baik itu saat keberangkatan maupun kedatangan pesawat merupakan aspek yang sangat penting bagi pengguna jasa angkutan udara. Untuk mengukur apakah penerbangan mencapai On Time Performance (OTP) atau tidak, dibutuhkan juga untuk memperhatikan adanya Ground Time dimulai saat pesawat block-on hingga pesawat block-off. Tujuan dari penelitian ini menjelaskan penggunaan aviobridge (garbarata) maskapai Garuda Indonesia dan cara mengoptimalisasikan penggunaan Aviobridge (garbarata) maskapai Garuda Indonesia untuk mencapai On Time Performance (OTP) karena maskapai Garuda Indonesia saat ini masih banyak mengalami delay atau over ground time. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dengan Wakil Team Leader unit Apron Movement Control (AMC) dan data sekunder yang diperoleh dari hasil dokumentasi. Data tersebut diperoleh langsung dari PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan jumlah penerbangan On time Performance yang menggunakan aviobridge pada jam sibuk mulai pukul 06.00 hingga pukul 14.00 di bulan Januari mencapai 127 kali dengan presentase 59%. Sedangkan pada bulan Februari mencapai 120 kali dengan presentase 60%. Kemudian cara yang digunakan untuk mengoptimalkan penggunaan Aviobridge (garbarata) agar mencapai On Time Performance (OTP) adalah dengan mengatur dan menghitung ulang penggunaan slot, mengalihkan pesawat ke Remote Area Parking Stand bagi pesawat yang tidak dapat terlayani oleh Aviobridge (garbarata), dan melakukan Holding Taxy jika diperlukan.
Tipe Koleksi: | Thesis (Tugas Akhir) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjek: | Airport > Garbarata/ Avio Bridge | ||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Program Studi: | D3 Manajemen Transportasi | ||||||||
Diposting Oleh: | Admin Perpustakaan | ||||||||
Tanggal Diposting: | 23 Jul 2020 01:30 | ||||||||
Terakhir diubah: | 23 Jul 2020 01:30 | ||||||||
URI: | https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/469 |
silahkan login terlebih dahulu untuk melihat text diatas, jika belum mempunyai akun anda dapat mendaftar akun digilib silahkan Klik disini
![]() |
View Item |