OPTIMALISASI PENGGUNAAN AVIOBRIDGE UNTUK MENCAPAI ON TIME PERFORMANCE (OTP) GARUDA INDONESIA DI TERMINAL 2 BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA

Susila, Farida Okta (2019) OPTIMALISASI PENGGUNAAN AVIOBRIDGE UNTUK MENCAPAI ON TIME PERFORMANCE (OTP) GARUDA INDONESIA DI TERMINAL 2 BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (198kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
Official URL: http://digilib.sttkd.ac.id

Abstract | Intisari

Setiap bandar udara wajib memberikan pelayanan yang terbaik dari produk yang mereka miliki, terutama dalam hal ketepatan waktu. On Time Performance (OTP) baik itu saat keberangkatan maupun kedatangan pesawat merupakan aspek yang sangat penting bagi pengguna jasa angkutan udara. Untuk mengukur apakah penerbangan mencapai On Time Performance (OTP) atau tidak, dibutuhkan juga untuk memperhatikan adanya Ground Time dimulai saat pesawat block-on hingga pesawat block-off. Tujuan dari penelitian ini menjelaskan penggunaan aviobridge (garbarata) maskapai Garuda Indonesia dan cara mengoptimalisasikan penggunaan Aviobridge (garbarata) maskapai Garuda Indonesia untuk mencapai On Time Performance (OTP) karena maskapai Garuda Indonesia saat ini masih banyak mengalami delay atau over ground time. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dengan Wakil Team Leader unit Apron Movement Control (AMC) dan data sekunder yang diperoleh dari hasil dokumentasi. Data tersebut diperoleh langsung dari PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan jumlah penerbangan On time Performance yang menggunakan aviobridge pada jam sibuk mulai pukul 06.00 hingga pukul 14.00 di bulan Januari mencapai 127 kali dengan presentase 59%. Sedangkan pada bulan Februari mencapai 120 kali dengan presentase 60%. Kemudian cara yang digunakan untuk mengoptimalkan penggunaan Aviobridge (garbarata) agar mencapai On Time Performance (OTP) adalah dengan mengatur dan menghitung ulang penggunaan slot, mengalihkan pesawat ke Remote Area Parking Stand bagi pesawat yang tidak dapat terlayani oleh Aviobridge (garbarata), dan melakukan Holding Taxy jika diperlukan.

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Airport > Garbarata/ Avio Bridge
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDSUPRAPTI, SUPRAPTI0507096201UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 23 Jul 2020 01:30
Terakhir diubah: 23 Jul 2020 01:30
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/469

Actions (login required)

View Item View Item