PERAN KANTOR OTORITAS BANDAR UDARA WILAYAH III DALAM MENJAGA KUALITAS PELAYANAN YANG DIBERIKAN KEPADA PENUMPANG DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUANDA

AMARYAN, REVAN NENDIKO (2019) PERAN KANTOR OTORITAS BANDAR UDARA WILAYAH III DALAM MENJAGA KUALITAS PELAYANAN YANG DIBERIKAN KEPADA PENUMPANG DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUANDA. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
Official URL: http://digilib.sttkd.ac.id

Abstract | Intisari

Semakin berkembangnya transportasi udara maka pemerintah melalui Kementerian Perhubungan memberi tanggung jawab kepada Kantor Otoritas Bandar Udara sebagai Unit Pelaksana Teknis, hal tersebut tertuang pada Peraturan Menteri No. PM 41 Tahun 2011 tentang Organisasi Dan Tata Kerja Kantor Otoritas Bandar Udara. Bandar Udara Internasional Juanda sebagai salah satu bandar udara besar di Indonesia dengan melayani berbagai rute domestik dan internasional, maka Kementerian Perhubungan melalui Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III berperan penting dalam menjaga dan mengawasi pelayanan yang di berikan maskapai penerbangan maupun fasilitas untuk penumpang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Kantor Otoritas Bandar Udara dalam mengawasi kualitas pelayanan maskapai no frills yang ada di Bandar Udara Internasional Juanda dan untuk mengetahui peran Kantor Otoritas Bandar Udara dalam mengawasi pelayanan dan fasilitas yang ada di Bandar Udara Internasional Juanda. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara pengumpulan data primer berupa wawancara dengan tujuh orang yang terdiri dari Kasubag Umum Dan Kepegawaian, Kasi Bidang Angkutan Udara, Kelaik Udaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara, Kasi Fasilitas dan Pelayanan Bandar Udara, Inspektur Angkutan Udara dan Inspektur Bandar Udara. Data sekunder berupa dokumentasi data internal Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan maskapai dan fasilitas penumpang penerbangan selalu diawasi dan dijaga oleh Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III. Pengawasan tersebut dilakukan oleh pegawai yang profesional dengan kualifikasi dan tingkatan yang telah diatur oleh Peraturan Menteri. Dalam dunia penerbangan pelayanan juga menjadi salah satu aspek penting yang harus diperhatikan oleh maskapai penerbangan maupun pengelola bandar udara, karena pelayanan menjadi salah satu prioritas pemerintah dalam dunia transportasi udara.

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Aviation Service > Passenger Services
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDHODI, HODI0508047901UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 28 Jul 2020 01:38
Terakhir diubah: 18 Jan 2022 01:30
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/601

Actions (login required)

View Item View Item