PERBANDINGAN PELAYANAN PETUGAS CUSTOMER SERVICE DALAM MELAYANI WISATAWAN DOMESTIK DAN WISATAWAN ASING DI BANDAR UDARA ABDUL RAHMAN SALEH MALANG

Safitri, Risma Dwi Nanda (2019) PERBANDINGAN PELAYANAN PETUGAS CUSTOMER SERVICE DALAM MELAYANI WISATAWAN DOMESTIK DAN WISATAWAN ASING DI BANDAR UDARA ABDUL RAHMAN SALEH MALANG. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
Official URL: http://digilib.sttkd.ac.id

Abstract | Intisari

Transportasi di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Siring dengan perkembangan teknologi, sarana transportasi yang ada saat ini pun terus meningkat. Moda transportasi terbagi menjadi tiga yaitu, transportasi darat, air dan udara. Permintaan masyarakat pengguna jasa transportasi udara yang praktis, cepat dan efisien untuk menjangkau tempat-tempat yang akan dituju semakin meningkat. Hal tersebut menjadikan peran bandar udara sangatlah penting. Para pengguna jasa penerbangan membutuhkan pelayanan prima dari para petugas di bandar udara salah satunya customer service. Customer service bandar udara melayani pengguna jasa bandar udara yang merupakan wisatawan domestik dan wisatawan asing. Pelayanan petugas customer service bandar udara harus memperhatikan kriteria pelayanan yang mengacu pada indikator pelayanan yaitu bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati sehingga tercapai kepuasan dalam pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbandingan pelayanan serta untuk mengetahui pelayanan yang diberikan oleh petugas customer service dalam melayani wisatawan domestik dan asing di bandar udara Abdulrachman Saleh Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, kuantitatif deskriptif dengan jenis data primer dan sekunder melalui teknik pengumpulan data kuesioner dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen meliputi uji validitas dan uji reliabilitas serta uji hipotesis menggunakan uji statistik dua sampel independen. Kesimpulan hasil penelitian ini yang pertama, tidak ada perbandingan pelayanan customer service dalam melayani wisatawan domestik dan asing di bandar udara Abdulrachman Saleh Malang. Kedua, pelayanan petugas customer service bandar udara abdulrachman saleh malang telah memenuhi standart kepuasan menurut lima indikator pelayanan.

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Airport Service > Customer Service
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDRahayu, Yayu Sri0530067201UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 28 Jul 2020 03:31
Terakhir diubah: 28 Jul 2020 03:31
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/617

Actions (login required)

View Item View Item