PENGARUH HOLDING AREA TERHADAP KETERLAMBATAN PESAWAT AKIBAT CUACA PADA MASKAPAI GARUDA INDONESIA DI BANDAR UDARA SULTAN THAHA SYAIFUDDIN JAMBI PERIODE 2017

FIRDAUS, NADA AFINA (2018) PENGARUH HOLDING AREA TERHADAP KETERLAMBATAN PESAWAT AKIBAT CUACA PADA MASKAPAI GARUDA INDONESIA DI BANDAR UDARA SULTAN THAHA SYAIFUDDIN JAMBI PERIODE 2017. Tugas Akhir thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
Official URL: http://digilib.sttkd.ac.id/

Abstract | Intisari

Keterlambatan karena holding area akibat cuaca merupakan salah satu faktor yang terjadi pada suatu perusahaan penerbangan sehingga akan berdampak langsung terhadap keterlambatan pesawat dan citra perusahaan penerbangan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh holding area terhadap keterlambatan akibat cuaca Pada Maskapai Garuda Indonesia di Bandar Udara Sultan Thaha Syaifuddin Jambi periode 2017. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder, diambil dari laporan bulanan Maskapai Garuda Indonesia. Data dikumpulkan setiap harinya dan dikelompokan menjadi data perbulan dari setiap penerbangan pada Maskapai Garuda Indonesia tahun 2017. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dan kuantitatif analisa regresi linier sederhana. Hasil uji kualitatif yang dilakukan menyatakan bahwa saat pesawat mencoba melakukan approach pada runway 31, dengan gangguan jarak pandang, pilot diharuskan menuju holding point di area MUARO, mengikuti miised approach procedure sesuai approach chart atau mengikuti intruksi dari Air Traffic Control (ATC). Pada uji hipotesisnya menyatakan H0 diterima dan Ha ditolak bahwa nilai Fhitung sebesar 1,783 < Ftabel 2,86 dengan nilai signifikan α = 0,211, artinya tidak adanya pengaruh yang signifikan antara holding area terhadap keterlambatan pesawat akibat cuaca pada Maskapai Garuda Indonesia di Bandar Udara Sultan Thaha Syaifuddin Jambi periode 2017. Dapat diketahui pula bahwa variabel pengaruh holding sebesar 15% dan sisanya yaitu 85% merupakan sumbangan dari variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Airport > Rest Area
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDYudianto, Kifni1106201529UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 06 Aug 2020 07:37
Terakhir diubah: 06 Aug 2020 07:37
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/772

Actions (login required)

View Item View Item