Suwetty, Ardy Syukri Natsir (2020) ANALISIS REGULASI PELAYANAN PENUMPANG DI MASA PANDEMI COVID-19 DI BANDAR UDARA SULTAN BABULLAH TERNATE. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.
![]() |
Text (ABSTRAK)
INTISARI.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (491kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
Abstract | Intisari
Bandar Udara Sultan Babullah Ternate merupakan sebuah bandar udara yang dikelola oleh Kementerian Perhubungan, dan terletak di Desa Tafure, Kecamatan Kota Ternate Utara, Provinsi Meluku Utara dan berjarak kurang lebih 6 KM sebelah utara Kota Ternate. Bandar Udara ini melayani penerbangan domestik. Bandar udara ini memiliki landasan pacu atau runway 2.400 m x 51 m, nomor runway 02/27, luas Apron 143 x 87 m dan wilayah waktu Indonesia bagian timur (WIT/UTC+9). Maskapai yang beroperasi saat ini yaitu Batik Air, Garuda Indonesia, Wings Air, Lion Air, dan NAM Air, Citilink dan Sriwijaya Air. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer yang diperoleh secara langsung dari sumber asli yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan data sekunder berupa Work Instruction, dokumen-dukumen dan Profil Bandar Udara Sultan Babullah Ternate. Setelah data terkumpul dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan penerapan regulasi dalam pelayanan penumpang di masa pandemi COVID-19 yaitu menggunakan regulasi yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dan Surat Edaran Gugus Pusat. Pelayanan yang dilakukan adalah dengan berdasarkan prosedur yaitu menyediakan tempat untuk mencuci tangan (Hand Sanitizer) di bandara, memeriksa dokumen perjalanan penumpang, mengukur suhu tubuh penumpang, melakukan penyemproran secara rutin di area bandara, penyemprotan pada bagasi dan cargo, dan juga menyediakan tempat karantina sementara apa bila ditemukan penumpang yang terindikasi gejalah COVID-19. Untuk kendala dalam pelayanan penumpang saat ini yaitu penumpang masih keras kepala dan tidak mengikuti antrian dan dokumen perjalanannya masih tidak lengkap. Itu karena penumpang tidak terlalu mengetahui mengenai dokumen yang di approav via online, seperti x healt card itu sudah melalui online. Makanya terjadi antrian panjang saat petugas melakukan pemeriksaan dokumen perjalanan. Upaya untuk mengatasi kendala tersebut adalah membuat aturan pemeriksaan dokumen dilaksanakan 3 jam sebelum proses check-in dan juga untuk menghindari masalah dalam pelayanan penerbangan, seperti pada saat operasi pesawat yang jadwalnya berdekatan.
Tipe Koleksi: | Thesis (Tugas Akhir) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjek: | Aviation Service > Passenger Services Flight and Airport Management > Safety Management System |
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Program Studi: | D3 Manajemen Transportasi | ||||||||
Diposting Oleh: | Admin Perpustakaan | ||||||||
Tanggal Diposting: | 04 Mar 2021 01:31 | ||||||||
Terakhir diubah: | 18 Jan 2022 04:11 | ||||||||
URI: | https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/864 |
silahkan login terlebih dahulu untuk melihat text diatas, jika belum mempunyai akun anda dapat mendaftar akun digilib silahkan Klik disini
![]() |
View Item |