PERAN UNIT INFORMASI DALAM MENINGKATKAN KOMUNIKASI PELAYANAN PADA PENUMPANG DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL KERTAJATI JAWA BARAT

NURFALAH, DE TSANY (2020) PERAN UNIT INFORMASI DALAM MENINGKATKAN KOMUNIKASI PELAYANAN PADA PENUMPANG DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL KERTAJATI JAWA BARAT. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (ABSTRAK)
INTISARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
Official URL: https://digilib.sttkd.ac.id/

Abstract | Intisari

Unit Informasi di Bandara merupakan suatu unit yang bertugas menyampaikan informasi kebandarudaraan kepada penumpang maupun non-penumpang. Unit Informasi menyampaikan informasi maskapai boarding hingga landing dan maskapai yang delay. Informasi tersebut disampaikan melalui perantara media maupun bertatapan langsung dengan pengguna jasa Bandara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran unit informasi dalam meningkatkan komunikasi pelayanan pada penumpang di Bandar Udara Internasional Kertajati Jawa Barat dan untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi dalam meningkatkan komunikasi pelayanan pada penumpang di Bandar Udara Internasional Kertajati Jawa Barat, untuk mengetahui upaya yang dilakukan petugas informasi dalam mengatasi Kendal- kendala yang dihadapi petugas informasi di Bandar Udara Internasional Kertajati, untuk mengetahui peranan komunikasi petugas informasi dengan steakholder yang ada di Bandar udara Internasional Kertajati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dimana instrumen utama dalam penelitian adalah peneliti sendiri. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder yang berkaitan dengan situasi dan kondisi empiris Peran unit informasi dalam meningkatkan komunikasi pelayanan pada penumpang di Bandar Udara Internasional Kertajati. Penelitian ini, penulis juga menggunakan penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai instrument pengumpulan datanya. Hasil peneliti menunjukan bahwa peran unit informasi sebagai pelaksana, pengelola, serta pemberi informasi yang didalamnya terdapat berbagai pelayanan seperti Complaint Handling dan Media Informasi, untuk meningkatkan komunikasi pelayanan dengan cara menggunakan media public address system (PAS) dengan adanya media ini bila adanya komunikasi yang diinginkan tidak tercapai maka pemberian informasi dapat mengulang pengumuman informasi yang diberikan, dan adanya koordinasi dan kerjasama yang baik antar unit informasi dengan pihak-pihak lain seperti airlines maupun petugas bandara lainnya dalam memberikan informasi mengenai kegiatan penerbangan sudah cukup baik.

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Airport > Information Unit
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDAstutik, Septiyani Putri1106201109UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 05 Mar 2021 01:58
Terakhir diubah: 05 Mar 2021 01:58
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/894

Actions (login required)

View Item View Item