Syahrullah, Syahrullah (2018) BEED TRIP OFF PADA ENGINE BLEED AIR SYSTEM PESAWAT BOEING 737-800 NG. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN.
![]() |
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
![]() |
Text (BAB I)
bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
![]() |
Text (BAB II)
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (830kB) |
![]() |
Text (BAB III)
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (34kB) |
Abstract | Intisari
Dunia penerbangan sering terjadi beberapa kondisi yang bukan merupakan kondisi normal operation yang dapat mengganggu kinerja pesawat dan dapat menurunkan tingkat keselamatan pesawat tersebut. Ketika dalam kondisi non normal operation tentunya ada suatu sistem penanganan yang harus dilakukan agar bisa kembali normal, sehingga tidak membahayakan penerbangabn terutama pada bagian Bleed Air System. Bleed air system biasanya ada beberapa kondisi non normal operation salah satunya adalah terjadinya Bleed Trip Off pada Engine Bleed Air System khususnya pada pesawat Boeing 737-800 NG. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendekripsikan suatu masalah, peristiwa atau kejadian yang terjadi pada saat sekarang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi terhadap Bleed Trip Off, wawancara dan studi pustaka dengan mengumpulkan sumber-sumber data dari buku atau referensi lain seperti training manual, aircraft maintenance manual, serta FAA handbook. Bleed Trip Off merupakan salah satu dari beberapa non normal operation saat penerbangan, yaitu tertutupnya bleed air valve dikarenakan overpressure dan overtemperature pada bleed air system pesawat, khususnya pada pesawat Boeing 737-800 NG. Temperature normal dari bleed air yaitu mulai dari 450°F (218°C) sampai mencapai 490°F (254°C), dan pressure normalnya dari bleed air yaitu 180 psi. Apabila melebihi temperature dan pressure normal tersebut, maka akan terjadi Bleed Trip Off. Namun apabila terjadi kondisi non normal operation, ini dapat diatasi dengan menekan tombol trip reset pada panel bleed air agar katup (valve) bisa membuka dan kembali beroperasi dengan normal.
Tipe Koleksi: | Thesis (Tugas Akhir) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjek: | Aircraft Components > Engine/ Powerplan (Mesin Pesawat) | ||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Program Studi: | D3 Aeronautika | ||||||||
Diposting Oleh: | Akmal | ||||||||
Tanggal Diposting: | 22 Mar 2021 04:25 | ||||||||
Terakhir diubah: | 22 Mar 2021 04:25 | ||||||||
URI: | https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1125 |
silahkan login terlebih dahulu untuk melihat text diatas, jika belum mempunyai akun anda dapat mendaftar akun digilib silahkan Klik disini
![]() |
View Item |