NIZWAR, AHMAD HARRY (2018) ANALISIS KOMPOSIT SEBAGAI MATERIAL SKIN FUSELAGE PESAWAT TERBANG. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN.
![]() |
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
![]() |
Text (BAB I)
bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
![]() |
Text (BAB II)
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) |
![]() |
Text (BAB III)
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (34kB) |
Abstract | Intisari
Kebanyakan teknologi modern memerlukan bahan dengan kombinasi sifat�sifat yang tidak dimiliki oleh bahan-bahan lazim seperti logam besi, keramik, dan bahan polimer, maka dari itu komposit dirancang dengan sedemikian rupa, agar tidak terjadi kerusakan akibat korosi pada saat digunakan. Salah satunya adalah komposit yang digunakan pada pesawat terbang yang berfungsi sebagai komponen utama pesawat terbang. Adapun tujuan penelitian adalah mengetahui unsur penyusun komposit untuk material skin fuselage, mengetahui kelebihan dan kekurangan dari komposit untuk material skin fuselage dan mengetahui metode pembuatan komposit untuk material skin fuselage. Penelitian ini merupakan penelitian yang termasuk dalam penelitian deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi mengenai status gejala yang ada dengan sistematis dan apa adanya, tentang suatu variabel, gejala, atau prosedur pada saat penelitian dilakukan tidak dimaksudkan untuk menguji hipotesis tertentu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa unsur penyusun komposit antara lain bahan pengikat (matrix) dan bahan penguat (fiber). Adapun kelebihan bahan komposit ialah masa jenis yang rendah, tahan terhadap korosi, lebih kuat dan lebih ulet dan di industri penerbangan terdapat kecenderungan untuk menggantikan komponen yang terbuat dari logam dengan komposit dan metode pembuatan komposit sebagai material Skin Fuselage pesawat terbang adalah proses cetak terbuka (Open-Mold Process), proses cetak terbuka yang digunakan berupa metode Hand Lay Up dan Vacuum Bag.
Tipe Koleksi: | Thesis (Tugas Akhir) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjek: | Aircraft Components > Fuselage (Body Pesawat) | ||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Program Studi: | D3 Aeronautika | ||||||||
Diposting Oleh: | Akmal | ||||||||
Tanggal Diposting: | 22 Mar 2021 06:30 | ||||||||
Terakhir diubah: | 22 Mar 2021 06:30 | ||||||||
URI: | https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1137 |
silahkan login terlebih dahulu untuk melihat text diatas, jika belum mempunyai akun anda dapat mendaftar akun digilib silahkan Klik disini
![]() |
View Item |