Yoga Pratama, Alan (2021) ANALISIS PELAYANAN OPERASIONAL PENERBANGAN OLEH PETUGAS APRON MOVEMENT CONTROL TERHADAP MASKAPAI DI YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.
![]() |
Text
INTISARI - ALAN YOGA PRATAMA.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
![]() |
Text
BAB I - ALAN YOGA PRATAMA.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
![]() |
Text
BAB II - ALAN YOGA PRATAMA.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) |
![]() |
Text
BAB III - ALAN YOGA PRATAMA.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA - ALAN YOGA PRATAMA.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
Abstract | Intisari
Di era modern sekarang ini, transportasi udara menjadi prioritas dari setiap masyarakat. Pada bandar udara terdapat apron yang biasa digunakan sebagai tempat naik turun penumpang, bongkar muat barang, kargo serta perawatan ringan pesawat udara. AMC merupakan Unit yang bertugas melakukan pengaturan dan pengawasan ketertiban, keselamatan, kelancaran pergerakan lalu lintas di apron. Dalam proses pelayanan AMC terhadap maskapai terkadang mengalami permasalahan sehingga menurunkan kualitas pelayanan yang diberikan oleh petugas AMC. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi SOP AMC dalam memberikan pelayanan terhadap maskapai dan mengetahui masalah yang dihadapi oleh petugas AMC dalam memberikan pelayanan kepada maskapai, serta seperti apa penanganan yang dilakukan. Dengan menggunakan metode kualitatif peneliti berharap mampu mendapatkan informasi terkait pelayanan yang diberikan oleh petugas Apron Movement Control kepada maskapai di Yogyakarta International Airport. Data primer diperoleh dengan melakukan wawancara dengan petugas AMC dan observasi pada pelaksanaan pelayanan yang diberikan kepada maskapai sesuai dengan SOP AMC. Sementara data sekunder diperoleh dengan melakukan dokumentasi dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini bahwa terdapat beberapa kendala dalam pelayanan yang diberikan AMC kepada Maskapai. Terdapat kendala ringan yang dapat diatasi oleh petugas AMC dan kendala berat yang harus menggubungi petugas Angkasa Pura Properti (APP) khusus perawatan dan perbaikan garbarata. Kendala berat yang diakibatkan dari garbarata dan memerlukan waktu perbaikan yang lama mengakibatkan plotting parking stand harus segera dirubah. Apabila dalam perpindahan posisi peswat dari garbarata yang rusak tersebut menuju parking stand lain memerlukan panduan dari follow me car. Akan tetapi dengan gangguan yang ada penerbangan di Yogyakarta International Airport masih berjalan lancar dikarenakan petugas AMC bertugas sesuai dengan Standar Operating Procedure AMC yang berlaku. Kata Kunci : Analisis, Pelayanan, Apron Movement Control.
Tipe Koleksi: | Thesis (Tugas Akhir) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjek: | Aviation Profession > Apron Movement Control (AMC) | ||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Program Studi: | D3 Manajemen Transportasi | ||||||||
Diposting Oleh: | Admin Perpustakaan | ||||||||
Tanggal Diposting: | 11 Jan 2022 02:00 | ||||||||
Terakhir diubah: | 11 Jan 2022 02:00 | ||||||||
URI: | https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/2111 |
silahkan login terlebih dahulu untuk melihat text diatas, jika belum mempunyai akun anda dapat mendaftar akun digilib silahkan Klik disini
![]() |
View Item |