PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL SULTAN HASANUDDIN MAKASSAR

ROSALINDA, ROSALINDA (2021) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL SULTAN HASANUDDIN MAKASSAR. Tugas Akhir thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD).

[img] Text
INTISARI - ROSALINDA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text
BAB I - ROSALINDA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
BAB II - ROSALINDA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] Text
BAB III - ROSALINDA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - ROSALINDA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
Official URL: https://sttkd.ac.id/

Abstract | Intisari

Rosalinda¹ dan Suprapti, S.H. M. HUM2 Bandar udara selama ini telah dipersepsikan sebagai pintu gerbang suatu daerah, wilayah bahkan negara dan juga telah menjadi simbol prestise tersendiri yang akan diingat oleh penumpang pesawat udara baik domestik maupun internasional. Bahkan saat ini pelayanan bandar udara yang prima akan menjadi refleksi dari pelayanan pariwisata, mengingat bandara tidak lagi menjadi gerbang keluar masuk penumpang semata tapi juga sarana rekreasi, hiburan, dan pusat pelayanan informasi pariwisata. Demikian pula halnya dengan Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar sebagai bandar udara transit sekaligus merupakan pintu gerbang di Indonesia bagian timur yang mempunyai nilai strategis sebagai pengembangan perekonomian tersendiri bagi warga masyarakat Sulawesi Selatan. Karena itu kualitas pelayanan di bandar udara menjadi hal yang penting bagi pengguna jasa bandar udara terutama memberikan kenyamanan dan rasa puas kepada pengguna bandar udara yaitu penumpang. Selaku penyelenggara sektor transportasi udara harus mengetahui kepuasan pengguna jasa yang sebenarnya serta mengamati dari sudut pandang sebagai pengguna jasa transportasi udara tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan penumpang di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner dengan jumlah sebanyak 80 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampel dan random sampling yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Sampel adalah probability di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. dan melakukan dokumentasi,serta menggunakan Microsoft Excel dan aplikasi SPSS untuk mengolah data. teknik analisis data yang digunakan ini adalah dengan menggunakan Analisis Regresi Linear Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan penumpang di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, yang menunjukkan dengan nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari ɑ (0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan penumpang sebesar thitung12,877. Dari hasil tersebut, diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,676. Hal ini menunjukkan bahwa variabel kepuasan dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan sebesar 67,6%. KataKunci: Kepuasan Penumpang, Kualitas Pelayanan

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Flight and Airport Management > Data Analysis
Airport Service
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorSuprapti, SupraptiNIDN0507096201UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 23 Jun 2022 01:31
Terakhir diubah: 23 Jun 2022 01:31
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/2304

Actions (login required)

View Item View Item