DWI NUR RAHMAWATI, SHAFIRA (2021) ANALISIS PENERAPAN PROSEDUR PELAYANAN PENUMPANG DENGAN PERHATIAN KHUSUS (SPECIAL PASSENGER) DI PT GAPURA ANGKASA BANDAR UDARA INTERNASIONAL YOGYAKARTA. Tugas Akhir thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD).
![]() |
Text
INTISARI - SHAFIRA DWI NUR RAHMAWATI.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) |
![]() |
Text
BAB I - SHAFIRA DWI NUR RAHMAWATI.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
![]() |
Text
BAB II - SHAFIRA DWI NUR RAHMAWATI.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) |
![]() |
Text
BAB III - SHAFIRA DWI NUR RAHMAWATI.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA - SHAFIRA DWI NUR RAHMAWATI.pdf Restricted to Registered users only Download (34kB) |
Abstract | Intisari
Shafira Dwi Nur Rahmawati1 dan Rosiana Ulfa, S.E., M.M.2 Suatu bandar udara memerlukan tenaga yang handal dalam mempersiapkan dan melakukan pelayanan. PT Gapura Angkasa merupakan salah satu perusahaan ground handling yang menangani jasa transportasi udara. Perusahaan ground handling mempunyai strategi khusus yang berbeda dari perusahaan lain dalam upaya peningkatan pelayanan terhadap penumpang. Salah satunya adalah penanganan terhadap penumpang yang membutuhkan perhatian khusus atau sering disebut sebagai special passenger, dimana penanganan terhadap penumpang yang termasuk dalam kategori ini dibutuhkan ketelitian antara lain dalam pengurusan dokumen perjalanan, sarana yang dibutuhkan serta prosedur penanganan manual yang ditetapkan berdasarkan standar operasional. Jasa angkutan udara harus di dukung juga dengan jasa pelayanan darat atau ground handling yang baik karena baik buruknya citra perusahaan penerbangan bergantung pada bagaimana memberikan pelayanan kepada penumpang terutama didalam pelayanan penumpang dengan perhatian khusus yang bersifat internasional. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis prosedur dan kendala dalam pelayanan penumpang dengan perhatian khusus yang diberikan petugas bandara jika penumpang termasuk dalam kategori penumpang khusus (special passenger). Penelitian ini dilakukan di Bandar Udara Internasional Yogyakarta dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Data primer diperoleh langsung dari lapangan yaitu observasi wawancara, sedangkan untuk mengumpulkan data sekunder yaitu dengan mengumpulkan data-data dari perusahaan, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan prosedur penanganan special passenger sudah dilakukan sesuai alur prosedur yang tercantum dalam Work Intruction milik Gapura Airport Services yang dilakukan oleh para petugas kepada penumpang special passenger sudah baik meskipun ada kendala yang dihadapi petugas kurangnya kooperatif penumpang yang memaksa untuk melakukan perjalanan udara tetapi tidak memenuhi syarat sesuai prosedur yang ada. Kata Kunci: Prosedur, Pelayanan Penumpang, Special Passanger
Tipe Koleksi: | Thesis (Tugas Akhir) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjek: | Flight and Airport Management > Data Analysis Aviation Service > Special Needs Passenger |
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Program Studi: | D3 Manajemen Transportasi | ||||||||
Diposting Oleh: | Admin Perpustakaan | ||||||||
Tanggal Diposting: | 23 Jun 2022 06:39 | ||||||||
Terakhir diubah: | 23 Jun 2022 06:39 | ||||||||
URI: | https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/2310 |
silahkan login terlebih dahulu untuk melihat text diatas, jika belum mempunyai akun anda dapat mendaftar akun digilib silahkan Klik disini
![]() |
View Item |