DAYANTI, PRISKA (2019) ANALISIS MANAJEMEN PARKING STAND TERHADAP KESELAMATAN PERGERAKAN PESAWAT UDARA DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL SUPADIO PONTIANAK. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.
![]() |
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
Abstract | Intisari
Bandar Udara Internasional Supadio merupakan salah satu bandara tersibuk di Kalimantan Barat, yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II (Persero) yang mempunyai ukuran apron dengan panjang 585 meter dan lebar 80 meter, parking stand sebanyak 14 untuk pesawat udara dan 3 taxiway yaitu Alpha, Bravo dan Charlie, posisi parkir pesawat udara yang digunakan yaitu nose-in parking dan apron terminal concept yang digunakan adalah simple concept Kegiatan-kegiatan di sisi udara antara lain ada unit air traffic control (ATC) ,airport operation control center (AOCC) dan apron movement control (AMC). Keselamatan penerbangan khusunya di sisi udara sangat penting maka perlu adanya pengawasan agar dapat maksimal dalam menjaga kelancaran kegiatan di apron. Fungsi AMC untuk melakukan pengawasan secara penuh di apron.. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui manajemen parking stand yang diterapkan dan mengetahui analisis manajemen parking stand yang sesuai dengan kondisi apron di Bandar Udara Internasional Supadio. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, dan observasi. Dokumentasi dalam penelitian ini terdiri dari jadwal penerbangan, data kapasitas apron, SOP, slot time dan apron movement sheet. Analisis data dilakukan dengan reduksi data serta penyimpulan dan verifikasi. Data hasil penelitian ini menunjukkan manajemen parking stand di Bandar Udara Supadio Pontianak telah memenuhi Standard Operational Procedure (SOP) yaitu sesuai dengan kapasitas apron dan tipe pesawat, posisi pesawat pada posisi Nose-in untuk parking stand 1 s.d 14. Parking stand nomor 1,2,3,4,5,7,8,9,10,11,12,13 dan 14 dapat di tempatkan pesawat dengan tipe maksimal Boeing 737-800NG yang memiliki wing span sampai dengan 36m; Parking stand nomor 6 dapat ditempatkan dengan tipe maksimal 737-400 atau yang memiliki wing span sampai dengan 29m. Mekanisme pesawat masuk ke apron yaitu clear dari obstacle dan FOD maka dari itu perlu adanya kebersihan di sisi udara dengan melakukan inspeksi movement area untuk menghindari incident dan accident.
Tipe Koleksi: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjek: | Airport > Parking Stand Flight and Airport Management > Safety Management System |
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Program Studi: | D4 Manajemen Transportasi Udara | ||||||||
Diposting Oleh: | Admin Perpustakaan | ||||||||
Tanggal Diposting: | 06 Jul 2020 04:00 | ||||||||
Terakhir diubah: | 18 Jan 2022 06:42 | ||||||||
URI: | https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/27 |
silahkan login terlebih dahulu untuk melihat text diatas, jika belum mempunyai akun anda dapat mendaftar akun digilib silahkan Klik disini
![]() |
View Item |