Suryanto, Syamsudin Ali (2019) PERANAN APLIKASI E-CHECKLIST DALAM PELAKSANAAN INSPEKSI AREA LANDSIDE DAN TERMINAL BANDAR UDARA INTERNASIONAL JENDERAL AHMAD YANI SEMARANG. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.
![]() |
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) |
![]() |
Text (BAB I)
bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
![]() |
Text (BAB II)
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (727kB) |
![]() |
Text (BAB III)
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
Abstract | Intisari
Sejak awal 2018 hingga kuartal III 2018, peningkatan penumpang dicatat mencapai 73,02 juta orang, naik sebesar 9% dibanding periode yang sama pada 2017 yang mencapai 66,9 juta orang. Peningkatan penumpang yang terjadi di bandar udara yang dikelola PT. Angkasa Pura I (Persero), mengakibatkan seringnya terjadi kerusakan beberapa fasilitas penunjang pelayanan di terminal bandar udara. salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan membangun suatu aplikasi yaitu E-checklist (Electronic ChecklistI). Aplikasi E-checklist menggunakan sistem QR Code (Quick Respond), yaitu gambar berupa matriks dua dimensi yang memiliki kemampuan menyimpan data di dalamnya untuk mempermudah proses penanganan maupun perbaikan secara cepat dan tepat. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui peranan dan cara penggunaan Aplikasi E-checklist. Metode penulisan yang digunakan adalah metode kualitatif dimana penulis mendeskripsikan tentang peranan dan cara penggunaan Aplikasi E-checklist. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif, dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah dengan cara penggunaan yang mudah, Aplikasi E-checklist dapat membantu petugas TSO / LSO untuk melaksanakan pengawasan / inspeksi serta dengan cepat merespon kerusakan failitas penunjang operasional yang ada di area landside dan terminal. Dengan adanya Aplikasi E-checklist juga dapat mempermudah petugas TSO / LSO dalam berkoordinasi dengan Passanger Service Team Leader (PSTL) untuk memeriksa hasil pengukuran data inspeksi dan pelaporan kepada pihak ST (Spesifikasi Teknis) yang terkait dalam penanganan kerusakan fasilitas penunjang operasional bandar udara. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Aplikasi E-checklist memiliki peran penting dalam membantu petugas melakukan inspeksi area landside dan terminal pada bandar udara.
Tipe Koleksi: | Thesis (Tugas Akhir) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjek: | Airport > Terminal Airport > Land Side (Sisi Darat) |
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Program Studi: | D3 Manajemen Transportasi | ||||||||
Diposting Oleh: | Admin Perpustakaan | ||||||||
Tanggal Diposting: | 28 Jul 2020 03:56 | ||||||||
Terakhir diubah: | 28 Jul 2020 03:56 | ||||||||
URI: | https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/626 |
silahkan login terlebih dahulu untuk melihat text diatas, jika belum mempunyai akun anda dapat mendaftar akun digilib silahkan Klik disini
![]() |
View Item |