PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT PELANGGAN MENGGUNAKAN MASKAPAI WINGS AIR DI BANDAR UDARA TEBELIAN SINTANG

Govi Matori, Paulinus (2021) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT PELANGGAN MENGGUNAKAN MASKAPAI WINGS AIR DI BANDAR UDARA TEBELIAN SINTANG. Skripsi thesis, STTKD Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.

[img] Text (Intisari)
ABSTRAK SKRIPSI - PAULINUS GOVI MATORI_1.pdf

Download (88kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I SKRIPSI - PAULINUS GOVI MATORI_2.pdf

Download (227kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II SKRIPSI - PAULINUS GOVI MATORI_3.pdf

Download (391kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III SKRIPSI - PAULINUS GOVI MATORI_4.pdf

Download (360kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI - PAULINUS GOVI MATORI_5.pdf

Download (127kB)
Official URL: https://sttkd.ac.id

Abstract | Intisari

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT PELANGGAN MENGGUNAKAN MASKAPAI WINGS AIR DI BANDAR UDARA TEBELIAN SINTANG. Skripsi. Diploma IV Manajemen Transportasi Udara, Sekolah Tinggi Teknologi Dirgantara Yogyakarta. INTISARI Seiring dengan perkembangan zaman meningkatnya pertumbuhan kebutuhan manusia menggunakan transportasi udara, membuat persaingan antar maskapai penerbangan lebih ketat dan kompetitif. Pelayanan salah satu faktor yang mempengaruh minat penumpang menggunakan maskapai penerbangan. Pelayanan dalam hal ini, sangat erat kaitannya dengan hal pemberian kepuasaan terhadap penumpang, pelayanan dengan mutu yang baik dapat memberikan kepuasaan yang baik bagi penumpang, sehingga penumpang dapat lebih merasa diperhatikan akan keberadaanya oleh pihak maskapai penerbangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat pelanggan menggunakan maskapai Wings Air di Bandar Udara Tebelian Sintang. Dalam memperoleh data pada penelitian ini menggunakan metode penyebaran kuesioner dan observasi. Data penelitian diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 44 responden dengan jenis kuesioner tertutup. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas serta hipotesis yang meliputi uji regresi sederhana, uji t, uji korelasi dan koefisien determinasi (R2). Hasil analisis menunjukkan dapat diketahui pada Uji T bahwa t hitung> t tabel yang berarti terdapat pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Minat Pelanggan menggunakan Wings Air di Bandara Tebelian Sintang. Dari hasil analisis regresi sederhana dapat diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap minat pelanggan dalam menggunakan maskapai Wings Air, sehingga diketahui sebesar 53.059%. Berdasarkan hasil perhitungan pada uji korelasi diperoleh nilai koefisien korelasi (R捲検) sebesar 0,747 yang berarti korelasi tersebut kuat. Tanda korelasinya adalah + (positif), artinya jika nilai kualitas pelayanan meningkat maka minat konsumen juga akan meningkat begitu pula sebaliknya. Sedangkan dari hasil uji determinasi diperoleh nilai R Square sebesar 0,558 yang artinya pengaruh variabel bebas X (Kualitas Pelayanan) terhadap variabel terikat Y (Minat Pelanggan) adalah 55,8%. Kata kunci: kualitas pelayanan, minat pelanggan dan maskapai Wings Air.

Tipe Koleksi: Thesis (Skripsi)
Subjek: Aviation Service > Passenger Services
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorYudianto, Kifni0516118401UNSPECIFIED
Program Studi: D4 Manajemen Transportasi Udara
Diposting Oleh: Salma Salma
Tanggal Diposting: 18 Oct 2021 07:23
Terakhir diubah: 18 Oct 2021 07:23
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1683

Actions (login required)

View Item View Item