RAFLIANSYAH, ALDI (2021) PENGARUH KETERSEDIAAN FASILITAS RUANG TUNGGU TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL SULTAN HASANUDDIN MAKASSAR. Skripsi thesis, STTKD Sekolah Tinggi Teknologi kedirgantaraan.
![]() |
Text (INTISARI)
ABSTRAK SKRIPSI - ALDI RAFLIANSYAH_1.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I SKRIPSI - ALDI RAFLIANSYAH_2.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II SKRIPSI - ALDI RAFLIANSYAH_3.pdf Download (574kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III SKRIPSI - ALDI RAFLIANSYAH_4.pdf Download (514kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI - ALDI RAFLIANSYAH_5.pdf Download (50kB) |
Abstract | Intisari
Pengaruh Ketersediaan Fasilitas Ruang Tunggu Terhadap Kepuasan Penumpang di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.Skripsi. Program Studi Diploma IV Manajemen Transportasi Udara, Jenjang Sarjana, Program Diploma IV, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta. Pembimbing: Eny Sri Haryati, S.E., M.M Penulis: Aldi Rafliansyah ABSTRAK Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar sebagai Bandar Udara transit sekaligus merupakan pintu gerbang di Indonesia bagian timur mempunyai nilai strategis dan stimulus untuk pengembangan perekonomian wilayah dan telah menjadi keuntungan tersendiri bagi warga masyarakat Sulawesi Selatan. Namun terdapat banyak keluhan penumpang pesawat udara yang belum merasakan adanya pelayanan yang maksimal di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. Sebagai contoh jasa penggunaan waitting room yang kurang. Sehingga para penumpang pesawat udara harus berdiri maupun duduk di lantai karna fasilitas yang kurang memadai. Ini menjadikan penumpang pesawat udara pada Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar tidak merasakan kepuasan dikarenakan hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketersediaan fasilitas ruang tunggu terhadap kepuasan penumpang di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar dan mengetahui seberapa besar pengaruh ketersediaan fasilitas ruang tunggu terhadap kepuasan penumpang di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner. Kuesioner penelitian disebarkan pada 180 responden penelitian. Analisis yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah penelitian adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh signifikan yang diberikan ketersediaan fasilitas terminal ruang tunggu terhadap kepuasan penumpang di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, dimana nilai probabilitas (sig) sebesar 0,00 dengan nilai T hitung (8,797) > T tabel (1,653). Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan ketersediaan fasilitas ruang tunggu mempengaruhi kepuasan penumpang di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin sebesar 30,3 % dan 69,7 % kepuasan penumpang di Bandar Internasional Sultan Hasanuddin dipengaruhi oleh variabel dan faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian peneliti. Artinya semakin terpenuhinya fasilitas di ruang tunggu, maka kepuasan penumpang semakin meningkat pada Bandar Udara Internasional Hasanuddin. Kata kunci: Ketersediaan Fasilitas, Kepuasan Penumpang, Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin
Tipe Koleksi: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjek: | Airport Service > Customer Service | ||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Program Studi: | D4 Manajemen Transportasi Udara | ||||||||
Diposting Oleh: | Ady Ady | ||||||||
Tanggal Diposting: | 18 Oct 2021 07:09 | ||||||||
Terakhir diubah: | 18 Oct 2021 07:09 | ||||||||
URI: | https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1704 |
silahkan login terlebih dahulu untuk melihat text diatas, jika belum mempunyai akun anda dapat mendaftar akun digilib silahkan Klik disini
![]() |
View Item |